Sunday, November 13, 2011

Rambut Sehat Indah dengan Berkerudung

Sedikit tulisan yang diterbitkan di Majalah Kuntum...jadi seneng..hehe... cekidot :

Sobat Kuntum, berkerudung memang kewajiban bagi kita sebagai kaum muslimah. Nah, terkadang rambut yang ada didalam kerudung ini kurang kita perhatikan, padahal rambut merupakan mahkota bagi kita kaum perempuan.
Tak jarang rambut berketombe, rontok dan kusam gara- gara kita salah merawatnya. Bahkan karena masalah ini, ada yang sampai memangkas habis rambutnya menjadi super pendek. Nah, kalau kita mau merawat rambut dengan baik, pasti segala masalah itu bisa dihilangkan. Tidak perlu mahal kok, yang penting kita rajin merawatnya. Berikut tips bagi sobat Kuntum yang berkerudung :
1.      Pilihlah kerudung atau jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. Seperti katun atau kaos. Bahan kain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala. So, dengan menggunakan bahan ini, rambut kita menjadi lebih bisa bernafas.
2.      Keramas tidak harus dilakukan setiap hari. Kalau setiap hari, rambut kita yang malah rusak karena rambut bisa menjadi kering dan patah. Keramas maksimal 3 kali seminggu, hal ini karena kulit kepala kita memproduksi minyak alami yang menjaga agar rambut tetap sehat. Bila kita memakai shampo setiap hari, maka minyak ini tidak bisa terserap oleh rambut. Padahal, minyak ini berfungsi sebagai pelembut rambut serta membuat rambut lebih bersinar.
3.       Jika hendak menggunakan jilbab, lebih baik rambut kita diurai. Atau jangan mengikatnya terlalu kencang. Untuk menghindari rambut yang digulung sebaiknya jangan biarkan rambut kita panjangnya melebihi 60 cm. So, jangan panjang-panjang ya rambutnya. Hehe
4.     Kita juga perlu menghindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab. Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas anda lebih banyak di bawah sinar matahari lebih baik pilih warna lembut atau putih. Terkadang kita sering memakai kerudung hitam karena merupakan warna netral, namun jika aktivitas kita di luar rumah, kerudung hitam jangan dipakai ya…
5.      Islam memang agama yang indah, kita sebagai perempuan diwajibkan untuk mengulurkan kerudung kita menutupi dada. Ternyata dari sisi ilmiah bisa dijelaskan, karena jika kerudung kita mengikat kerudung di leher, maka udara yang keluar masuk ke rambut akan semakin menipis, sehingga berbahaya bagi rambut. Jadi, kerudung memang sebaiknya dilepas hingga bagian tepinya menjuntai agar rambut muda bernafas.

Nah, itulah beberapa tips untuk merawat rambut, jika sobat Kuntum memiliki uang berlebih, rambut bisa ditambah perlakuannya dengan diberi kondisioner atau creambath. Yuk sobat Kuntum muslimah, jaga rambut kita agar tetap sehat bersinar. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Hallo saya Liesna, yuk tinggalkan jejak untuk mengirim komentar, atau ada yang mau tanya-tanya juga silakan :)